fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Apa sih Purging?

Pernah nggak sih kalian coba skincare baru lalu tiba-tiba jerawatan? Beberapa orang bilang kalau kamu lagi breakout, tapi ada juga yang bilang itu cuma purging. Walaupun sama-sama bentuknya jerawat, kenapa sih purging dan breakout itu berbeda?

Penggunaan skincare yang formula atau ingredients-nya nggak cocok dengan kulitmu dapat menyebabkan reaksi negatif seperti alergi, breakout, atau beruntusan. Breakout akan terus menerus terjadi selama kamu masih menggunakan produk atau ingredients pemicu. On the other hand, purging merupakan proses ‘pengeluaranmicrocomedone yang masih ‘bersembunyi’ di dalam kulit. When the microcomedone reaches the surface, ia akan terlihat seperti jerawat pada umumnya. Purging akan berhenti terjadi ketika microcomedone yang ada di dalam wajah sudah dikeluarkan semua.

Kenapa sih purging bisa terjadi? Purging bisa terjadi ketika kita menggunakan skincare dengan ingredients yang mampu mempercepat cell turnover. Contoh ingredients tersebut antara lain retinoid (retinol, adapalene, tazaroten, retinoic acid, hydroxypinacolone retinoate, dan senyawa turunan vitamin A lainnya) dan exfoliator (AHA, BHA, dan PHA). Microcomedone sebenarnya akan naik ke permukaan kulit dengan sendirinya, tapi penggunaan ingredients yang mampu meningkatkan cell turnover akan membuat microcomedone muncul lebih cepat. Jerawat yang misalnya muncul ke permukaan setiap 2 minggu akan dipersingkat menjadi seminggu. Efek inilah yang membuat jerawat terasa muncul beramai-ramai saat purging. Oleh karena itu, silahkan hindari ingredients yang meningkatkan cell turnover kalau kamu memang menghindari purging, lho.

Selama purging berlangsung, please do treat the acne seperti kamu mengatasi jerawat biasanya. Pakailah moisturizer yang tepat, gunakan spot treatment atau acne patch pada jerawat yang muncul. It’s a big NO to touch or pop your acne! Kalau kamu curiga jerawat yang muncul adalah breakout dan bukan purging, hentikan penggunaan sesegera mungkin. Perlu kamu ingat juga kalau ingredients yang tidak mampu meningkatkan cell turnover (e.g. niacinamide dan vitamin C) TIDAK AKAN menyebabkan purging. So please read your skincare’s ingredients list to confirm your suspicion. Another small tip: jangan gunakan ingredients yang dapat memicu purging mendekati waktu spesial (e.g. your wedding day, birthday party, or any special occasions). Why? Cuz you don’t want to take the risk of having purging skin on your special day, right?!


1,227 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.