fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Blackhead Vs. Whitehead

Baik blackhead maupun whitehead termasuk dalam tipe non-inflammatory acne, karena pori-pori tersumbat oleh sebum, sel kulit mati, dan bakteri.

Bedanya, blackheads yang juga dikenal dengan nama open comedones ini melibatkan proses oksidasi, sementara whiteheads tidak. Ketika pori-pori tersumbat terpapar udara, maka kandungan melanin akan teroksidasi, membuat warnanya jadi kehitaman. Sementara whiteheads nggak terpapar udara, sehingga warnanya tetap putih atau kekuningan. Kalau blackheads maupun whiteheads terinfeksi bakteri P.acnes, maka akan berubah jadi inflammatory acne alias jerawat meradang.

Berhubung keduanya disebabkan oleh pori-pori tersumbat, tentu solusinya adalah menjaga agar pori-pori tetap bersih.

  1. Extraction
    Ini adalah solusi pertama yang sering terlintas saat ingin membersihkan whiteheads dan blackheads. Ekstraksi yang aman bisa dilakukan oleh tenaga kecantikan di spa, dokter kulit, atau pore strips. Intinya, mengeluarkan sumbatan pori-pori. Kelebihannya, ekstraksi memberi hasil instan. Tapi ekstraksi harus dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten, dan dengan standar higenitas yang tinggi. Sembarangan pencet-pencet bisa bikin kulit kemerahan, apalagi kalau tangan kita dalam keadaan kotor.
  2. (Gentle) Chemical Exfoliation
    Kandungan salicylic acid efektif membersihkan sebum, sementara AHA seperti glycolic acid dan lactic acid membantu membersihkan sel kulit mati. Nggak perlu full strength asalkan rutin dipakai. Kelebihan chemical exfoliation ada pada minimal scrubbing, dan nggak perlu pencet-pencet. Kekurangannya, chemical exfoliation tidak bisa menghilangkan blackheads dan whiteheads sampai 100%, dan ada resiko purging. Karena tersumbatnya pori-pori adalah sesuatu yang alamiah, chemical exfoliants harus rutin dipakai untuk melihat hasilnya sekaligus me-maintain hasil tersebut. Kalau pakai chemical exfoliants, wajib sunscreen!
    Recs: Cosrx Blackhead Power Liquid, The Ordinary Salicylic Acid 2%, Krave Kaleluyaha, Cosrx BHA Pads, Avoskin
  3. Double Cleansing
    Double cleansing membersihkan makeup dan kotoran yang menempel di kulit secara menyeluruh dibanding hanya menggunakan face wash saja. Langkah ini otomatis meminimalisir kemungkinan timbulnya pori-pori tersumbat.
  4. Clay mask
    Kandungan bentonite dan kaolin clay punya daya serap yang tinggi, ampuh mengangkat impurities dalam pori-pori. Clay mask memberi hasil dalam waktu singkat, tapi sebaiknya tidak dipakai setiap hari karena dapat membuat kulit kering.
    Recs: Glamglow Youthmud, Innisfree Super Jeju Volcanic Mask, Aztec Clay Mask,

 


 

1,740 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.