fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Dark Circles

Meskipun secara teknis dark circles bukan merupakan masalah kulit, namun dark circles seringkali dianggap problematik. Lingkaran gelap di bawah mata ini suka bikin wajah nampak lelah. Nggak mau kalah, beauty brands pun meluncurkan berbagai produk eye cream dengan klaim yang bombastis buat mengatasi dark circles.

Terdapat 3 jenis dark circles:

  1. Pigmented dark circles
    Disebabkan oleh faktor genetik serta improper habits seperti kurang istirahat dan dehidrasi. Gunakan eye care secara rutin, be gentle, dan perbaiki pola istirahat serta asupan nutrisi.
  1. Vascular dark circles
    Beberapa kondisi seperti alergi, dehidrasi dan kelelahan dapat mendorong pembesaran pembuluh darah di area mata. Karena kulit di sekitar mata cenderung tipis, maka pembesaran ini nampak sebagai dark circles. Jenis dark circles ini dapat dibantu dengan kompres dingin dan bahan-bahan seperti caffeine untuk mengurangi pembengkakan.
  1. Structural dark circles
    Ini adalah ilusi dark circles yang disebabkan oleh struktur wajah yang memberi efek cekung di bawah mata. Cekungan ini membuat bayangan gelap yang terlihat seperti dark circles. Tentunya hal ini sulit diperbaiki kecuali lewat bantuan fillers, tapi kamu bisa menjaga agar structural dark circles tidak bertambah parah dengan skincare yang baik, produk anti-aging dan sunscreen.

Kalau mau memperbaiki, kita harus tahu apa penyebabnya, kan? Yuk cari tahu penyebab dark circles kamu!

  1. Kelelahan
    Sudah bukan rahasia kalau kurang istirahat adalah faktor yang mendukung dark circles. Ini termasuk kelelahan mata akibat gadget, lho. Saat melihat layar gadget terlalu lama, pembuluh darah di sekitar mata dapat membesar dan memberi efek dark circles.
  1. Dehidrasi
    Saat tubuh tidak mendapat hidrasi yang cukup, kulit di sekitar area mata terlihat kusam dan lebih gelap. So, if you’re reding this, drink your water now!
  1. Riwayat Alergi
    Punya riwayat alergi, atau mata kering dapat memicu timbulnya dark circles. Produksi histamin tubuh saat alergi dapat mendorong pembesaran pembuluh darah. Hal ini dapat menimbulkan lingkaran hitam di area mata. Selain itu, gejala-gejala alergi lainnya seperti mata gatal dan berair dapat mendorong kita untuk mengucek mata tanpa sadar, dan ini dapat memperparah dark circles.
  2. Genetik
    Faktor genetik bisa jadi penentu dark circles, lho. Kalau kamu merasa ayah atau ibu punya dark circles, demikian pula dengan kakek atau nenek, maka kemungkinan dark circles kamu bersifat genetik.

Here are some product recommendations:

Ole Henriksen Banana Bright Eye Cream, The Ordinary Eye Serum, Clinique All About Eyes

 


 

1,423 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.