fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Kapan sih saat yang tepat pakai anti-aging?

I know, kadang kalau lagi ngaca, suka sebel sendiri melihat wajah mulai menunjukkan garis-garis halus di sekitar mata, dahi, nose bridge, dan sekitar mulut. Mau mulai pakai anti aging tapi katanya masih terlalu muda, tapi kalau nggak pakai nanti malah kerutannya bertambah. Apa yang bisa kita lakukan untuk menunda penuaan pada kulit?

Walaupun menyebalkan dan esthetically unpleasant, penuaan merupakan hal yang sangat alami terjadi. As we grow older, proses metabolisme tubuh melambat, tulang dan jaringan lemak di beberapa bagian tubuh menyusut, kemampuan regenerasi kulit menurun, dan akumulasi kerusakan pada tubuh kita bertambah. Karena tubuh kita sudah tidak seoptimal dulu, wajar kalau kulit kita ikutan kendur dan berkerut.

Selain usia, hal apa saja yang ikut menyebabkan penuaan pada kulit?

Ada beberapa hal yang menyebabkan wajah manusia terlihat menua: jaringan lemak di wajah menurun, volume tulang wajah berkurang, dan menurunnya jumlah jaringan kolagen pada kulit. Khusus untuk penyusutan volume tulang dan lemak, hal ini tidak bisa kita cegah menggunakan skincare karena proses ini memang terjadi secara alami saat usia bertambah. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah mencegah penurunan kolagen pada kulit dan kamu harus siap-siap kaget karena ternyata caranya juga tidak mudah.

Penurunan jumlah kolagen merupakan sesuatu yang wajar seiring usia bertambah. Walaupun begitu, hal-hal seperti radikal bebas dari polusi dan asap rokok serta radiasi sinar UV membuat jumlah dan produksi kolagen semakin menurun drastis. Itulah kenapa produk anti aging yang cocok digunakan pada usia berapapun (dan sebaiknya dimulai sedini mungkin) adalah menggunakan sunscreen dan antioxidant.

Produk mengandung retinoid bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen, tapi selama radikal bebas dan sinar UV masih saja terus-terusan merusak kulit, penggunaan retinol akan sia-sia. So, the anwer to ‘what’s the best anti aging product and when I should start to use it?’ adalah sunscreen dan harus dimulai sedini mungkin.

Bagaimana kalau tanda-tanda penuaan sudah muncul? If that’s the case, kamu bisa mencoba menggunakan produk dengan retinoid seperti For Skin Sake Renew Serum, Olay Regenerist Micro Sculpting Serum, Neutrogena Anti-Wrinkle Face Cream, dan Drunk Elephant A Passioni. Walaupun begitu, the best thing you can do adalah pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan prescription strength retinoid (tretinoin dan tazarotene) atau menjalani prosedur seperti Collagen Induction Theraphy (PRP, microneedling), laser, ultrasonic therapy, atau bahkan filler dan botox. This is simply because prosedur ini jauh lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih nyata daripada menggunakan produk anti aging yang dijual bebas yang harganya juga tidak kalah mahal.

Product Recommendations

Selain skincare dan cosmetical procedure, kamu juga bisa menjaga keremajaan kulit dengan cara menghindari rokok, mengurangi stress, makan makanan yang sehat terutama sayur-sayuran dan buah-buahan, aktif bergerak, istirahat yang cukup, dan mengurangi konsumsi gula. Remember, aging is a normal biological process makanya ia nggak bener-bener bisa dihentikan. You can only slow it down while learning how to love yourself.


1,392 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.