fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Retinol? What is That?

Retinol merupakan bahan aktif yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan. Retinol didaulat menjadi bahan yang mampu menghilangkan garis halus dan melembutkan tekstur pada kulit. Before you jump right into the hype train untuk ikutan mencoba produk ber-retinol, ayo kenali lebih baik bahan aktif ini.

Retinol merupakan jenis retinoid yang merupakan turunan vitamin A. Retinol bekerja dengan cara menstimulasi produksi kolagen serta meningkatkan cell turnover. Maka dari itu, siklus regenerasi kulit akan berjalan lebih cepat. Inilah alasan kenapa purging merupakan risiko dari penggunaan retinol. Meningkatnya cell turnover membuat jerawat yang ‘bersembunyi’ jadi lebih cepat naik ke atas permukaan.

FYI, retinol is a good antioxidant too, sehingga penggunaan retinol dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain dapat digunakan sebagai anti-aging dan anti-oxidant, retinol juga dapat mengatasi masalah overproduksi sebum on oily skin. So, whatever your skin concern is, kamu bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan retinol.

Walaupun memiliki bank manfaat, boleh nggak kamu pakai retinol sekarang juga? Well, it depends. If you’re new to skincare dan belum punya basic skincare yang solid, we discourage you to try retinol. Why?  Karena efek samping penggunaan yang cukup mengganggu seperti dryness, sensitivity, purging, bahkan sun damage (ketika penggunaannya tidak dibarengi sunscreen). If you are not sure about it, pakailah retinol di bawah pengawasan dermatologist saja.

Kalau seandainya kamu memutuskan untuk tetap mencoba retinol sendiri, try these tips:

  • Gunakan retinol konsentrasi 1% setelah moisturizer untuk mencegah sensitivity berlebih  dan gunakan seminggu sekali saja di bulan pertama mencoba.
  • Saat kulit sudah tidak sensitif lagi, tingkatkan frekuensi menjadi 3 kali seminggu sampai akhirnya bisa kamu gunakan hampir setiap hari tanpa masalah.
  • Pakailah retinol di malam hari saja karena retinol mudah rusak saat terpapar sinar UV.
  • Jangan lupa juga untuk memasukkan niacinamide dalam skincare routine untuk mengurangi efek sensitivity dan selalu pakai sunscreen setiap hari.

If you want to try retinols, here are some of our recommendations: For Skin Sake Renew Serum, Drunk Elephant A Passioni, The Ordinary Retinol 0.2% in squalane, dan Sunday Riley Luna Oil.

Ingat, orang yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui harus menghindari penggunaan retinol untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan juga gunakan retinol bersama-sama bahan irritating lainnya seperti AHA dan BHA untuk mencegah kulit menjadi over sensitive. Going slow and steady adalah kunci penggunaan retinol yang efektif.


1,254 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.