fbpx
10-13 OCTOBER 2019
PLAZA INDONESIA

Whitening dan Brightening?! Apa bedanya sih?!

Brightening/lightening artinya “membuat jadi cerah”. Istilah ini dipake oleh produk yang mampu memudarkan hyperpigmentation atau penggelapan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV, gesekan pada kulit, bahkan hormon. Bahan aktif untuk brightening akan melawan faktor penyebab penggelapan kulit sehingga kulit jadi lebih cerah seiring waktu.

Whitening memiliki arti “membuat jadi putih”. Secara ilmiah, tentu ini agak impossible soalnya setiap manusia memiliki warna kulit tersendiri dan menjadi putih berarti warna aslinya ‘dihilangkan’. Bagi individu yang kulitnya memang putih seperti Kate Winslet sih jelas nggak masalah, tapi buat orang Asia dan Afrika, menjadi putih merupakan tindakan yang ‘melawan takdir’. Sialnya, orang-orang ini yang malah suka banget ‘melawan takdir’ dengan maksa pakai produk pencerah bahkan sampai pakai krim nggak jelas karena menjanjikan kulit bisa jadi cepat putih.

What’s the best option, then? Secara fungsi, skin brightening tentu lebih baik karena dia hanya mengembalikan kulit ke warna aslinya, sedangkan skin whitening menjanjikan ‘kulit putih’ biarpun kulit aslimu memang gelap. Terkadang, kedua istilah ini seringkali tidak diregulasi, sehingga penggunaannya suka-suka si produsen.

Untuk mencerahkan kulitmu dengan aman, pilihlah produk yang mengandung kojic acid, licorice extract, vitamin C, AHA, arbutin, dan niacinamide. Beberapa produk yang mengandung bahan-bahan ini adalah Kojie San Skin Lightening Soap, Acwell Cleansing Toner, Garnier Light Speed Day Cream, Garnier Sakura White Serum Cream, dan The Ordinary Niacinamide 2%. Penggunaan sunscreen juga bisa mencegah penggelapan akibat sinar UV, jadi coba deh pakai sunscreen seperti L’Oreal Matte and Fresh atau CosRx Aloe Sun Cream setiap hari tanpa putus.

Kamu harus banget jauhi produk-produk dengan janji brightening atau whitening yang tidak jelas asal-usul dan ingredients-nya karena seringkali diam-diam dicampurkan dengan bahan-bahan seperti isotretinoin, steroid, dan hydroquinone yang cuma boleh digunakan di bawah pengawasan dokter. Nggak jarang juga lho produk nggak jelas ini dicampurkan dengan merkuri yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan.

Ingat, wear sunscreen daily, use skin-safe brightening ingredients only, and never forget to embrace whatever your skin tone is.


1,369 Comments

You must be logged in to leave a comment. Click here to login.